Meningkatkan Kecepatan Memory Card di Android

7.2.12

Dari kemarin bermasalah dengan handphone Sony Ericsson [Sekarang Sony] Xperia Mini ku. Tiba-tiba speed hape mendadak lambat sekali, padahal sudah install aplikasi SETCPU di android ku ini tapi tetap saja lambat, bahkan hanya untuk buka menu sekalipun. Analisa dikit, ketemu akar permasalahannya. 
Ternyata speed akses ke memory card melambat yg mengakibatkan speed keseluruhan terkena imbasnya. Setelah tahu akar permasalahnya, langsung saja nyari solusi untuk mempercepat speed Memory Card. Lama mencari akhirnya ketemu juga cara ningkatinnya, bukan hanya itu ternyata aplikasi untuk meningkatkan ini juga ternyata banyak tersedia di Market. Untuk yang mau tahu caranya itu saya kasih tahu, yang sudah tahu bagi juga tips ningkatin lainnya ya. Harap diingat bahwa trick ini mengharuskan handphone berbasis Android kamu sudah terlebih dahulu di Rooting.

Pertama buka file explorer kesukaan kamu, disini saya akan mencontohkan menggunakan Root Explorer. pergi ke :
sys/devices/virtual/bdi/179:0
dan edit file "read_ahead_kb" gunanya untuk meningkatkan buffer memory card kita. Secara default itu akan menampilkan angka 4 yang berarti buffer sizenya 4kb. kita dapat meningkatkan buffer size ini sesuka kita, tapi yang disarankan dibanyak forum ialah antara 1Mb - 4Mb (1024 - 4092) jadi kita gunakan saja range angka itu. Untuk mengetest kecepatan Baca-Tulis memory kita, bisa menggunakan aplikasi "SD Tools" yang bisa diunduh gratis di Market.

Pertama saya menggunakan angka 1024 (1 Mb), dan hasil kecepatan yang saya peroleh :


Lalu saya gunakan angka 2048 (2 Mb) hasilnya :

Ketiga kalinya saya menggunakan 3072 (3 Mb) hasilnya :

Dan terakhir saya menggunakan 4092 (4 Mb) :

Dari keempat tes diatas, saya memutuskan menggunakan 3072, karena meski kecepatan Tulisnya kalah oleh 1024 dengan perbedaan 1.0Mb/s namun kecepatan Bacanya jauh mengungguli dengan perbedaan 3.3Mb/s
Jangan jadikan hasil ini acuan untuk digunakan di handphone kamu karena setiap handphone dan Memory card berbeda satu sama lain, melainkan gunakan prosesnya untuk menemukan angka yag paling optimal digunakan di handphone berbasis android kamu.

Selamat bersenang-senang dengan Android kamu

1 komentar

  1. Gan punya ane angkanya 128 terus kalo ane ubah ke 2mb bisa gak?

    BalasHapus

 

About

Flip

Original:
Flipped:

Most Reading