Manipulasi Visualisasi Tabel Statistik Data

17.4.14


Saat kita melakukan presentasi di depan klien atau calon konsumen atau investor potensial tentunya selain melakukan presentasi secara lisan kita juga harus melakukan presentasi secara visual sehingga data yang kita sajikan dapat dengan mudah dicerna oleh mereka sehingga mereka tertarik dengan bisnis maupun produk yang kita tawarkan. Tentunya kita tidak dapat berbohong mengenai data yang kita presentasikan, namun ada beberapa cara agar visualisasi data kita dapat terlihat sangat menjanjikan tanpa menurunkan ketertarikan target. 
Ini juga dapat digunakan untuk mendeteksi pola manipulasi visualisasi data seandainya anda menjadi target presentasi suatu hari.

1. Tabel Y-Axis Terpotong
Ini adalah jenis tabel grafik yang paling umum digunakan untuk presentasi, dimana biasanya garis horisontal (X) merupakan perubahan waktu, dan garis diagonal (Y) adalah perubahan nilai produk. Cara untuk memanipulasi data agar terlihat menarik dalam tabel grafik ini adalah dengan mengubah satuan nilai dengan satuan terkecil sehingga grafik akan terlihat menaik seiring waktu.

Dari contoh diatas terlihat seandainya menggunakan satuan asli bunga pinjaman terlihat terus menaik, padahal seandainya menggunakan kelipatan 0.5% bunga pinjaman terlihat sama sekali tidak berubah. banyak konsumen terjebak dengan tabel ini karena jenis ini sangat mudah dimengerti semua orang.



2. Grafik Kumulatif
Mirip dengan tabel Y-Axis namun jenis grafik ini menyambungkan antara titik dengan garis. Menggunakan jenis ini jauh lebih mudah untuk dimanipulasi karena kita dapat menggunakan nilai kumulatif dari bisnis kita yang pastinya terus menaik.


Contoh terlihat dari foto diatas dimana grafik yang CEO Apple sajikan saat presentasi produk baru mereka yang terus menaik, padahal secara logis tentunya semakin lama kita menjalankan bisnis kita secara kumulatif transaksi yang bisnis kita jalani pastinya akan terus menaik.


Padahal seandainya kita lihat dari foto diatas, apabila kita lihat secara mendalam penjualan mereka dalam 3 kuarter terakhir terus mengalami penurunan.

3. Tabel Non-Konvensional
Dengan semakin mudahnya informasi, semakin banyak organisasi yang merupakan cara-cara lain yang tidak biasa dan dianggap dapat menarik perhatian target mereka. namun sebenarnya dengan otak manusia yang sudah terbiasa membaca tabel secara konvensional ini memungkinkan manipulasi dilakukan lebih mudah dan terang-terangan.

Secara langsung mereka terang terangan memanipulasi data yang mereka sajikan, dengan memberikan 2 point yang memperlihatkan detail angka diawal dan akhir (873 - 721) dan nilai garis vertikal terbalik dari atas kebawah mereka ingin memberikan kesan bahwa angka pembunuhan karena senjata api di Florida terus menurun berkat hukum 'Stand Your Ground' yang mereka terapkan. Padahal seandanya kita lihat lebih lanjut angka tersebut menaik drastis karena hukum baru tersebut. 

Saatnya kita menjadi lebih pintar cukup dengan melihat lebih detail grafik visualisasi yang disajikan pada kita, "bongkar" data tersebut dengan pikiran kita dan temukan kebenaran yang terkandung didalamnya.

Have A Nice Day.

Sumber : http://data.heapanalytics.com/how-to-lie-with-data-visualization/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

About

Flip

Original:
Flipped:

Most Reading